Iklan Kampanye, KPI Dituntut Tegas

Mendekati pelaksanaan Pemilihan Umum pada April 2014 mendatang, TV mulai diramaikan berbagai iklan kampanye para ketua umum partai, calon presiden, dan calon legislator. Lebih memprihatinkan, iklan kampanye ini  marak di lembaga penyiaran yang dimiliki pemimpin partai politik dan calon presiden dan wakil presiden. “Pihak yang seharusnya paling memahami filosofi media massa dan prinsip negara demokrasi,” kata Eko Maryadi, Koordinator Koalisi Independen untuk Demokratisasi Penyiaran (KIDP).

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memiliki kewenangan melakukan pengawasan seperti diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum. Selain itu juga masa penayangan iklan kampanye hanya bisa dilakukan pada Maret tahun depan, atau tiga pekan sebelum hari pemungutan suara (Pasal 83 ayat 2). Sedangkan Pedoman Perilaku dan Standar Program Penyiaran (P3SPS) mengatur pentingnya independensi dan netralitas isi siaran dalam setiap program siaran.

“Pasal 22 Pedoman Perilaku Penyiaran menegaskan, lembaga penyiaran tidak boleh dipengaruhi pihak eksternal maupun internal termasuk pemodal atau pemilik lembaga penyiaran,” kata Eko.

KDIP menilai KPI harus bersikap tegas dalam menyikapi persoalan iklan kampanye ini. KPI wajib mengingatkan semua lembaga penyiaran mematuhi UU Pemilu dan P3SPS. Bahkan, Sanksi hukum perlu diberikan lembaga penyiaran terhadap aturan yang berlaku. KDIP dalam releasenya menyatakan siap mendukung KPI dalam menegakkan hukum dan membela kepentingan publik dan meminta KPI tidak lambat dalam bekerja.

“KPI harus berani keluar dari keterjebakkan wilayah teknis, kemudian masuk dalam wilayah penafsiran filosofi UU atau peraturan yang meliputinya,” ujar Eko

mmdnewsyndicate

Dengan kaitkata , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: