Saatnya Remaja Melawan

Mungkin tak banyak yang mengingat,  hari ini,  12 Agustus, sebagai Hari Remaja Internasional. Sebuah hari yang bisa menjadi batasan setiap tahunnya bagi setiap negara dalam memenuhi hak asasi kalangan remaja. Pun bagi orang dewasa untuk melihat diri mereka sendiri, seberapa serius berkehendak berdialog dengan secara bersama kaum remaja.

Dalam peringatan Hari Kependudukan Dunia, bulan Juli lalu, kita melihat betapa banyak persoalan yang dihadapi remaja dalam hampir seluruh siklus kehidupannya. Dalam berbagai diskusi, setidaknya ada dua persoalan paling rumit untuk dibincangkan, apalagi dipecahkan.

Pertama, kontrasepsi bagi remaja yang sampai saat ini di Indonesia tidak pernah diperuntukkan bagi remaja. Kebijakan di negeri ini, kontrasepsi yang disediakan negara hanya untuk pasangan suami istri. Situasi ini menjadikan remaja selalu terancam menghadapi Kehamilan Tidak Dikehendaki (KTD).

Kedua, akibat turunan dari persoalan pertama, remaja menghadapi ancaman kematian. Mereka terpaksa atau dipaksa mengakses layanan aborsi tidak aman, karena layanan aborsi aman yang mestinya disediakan negara telah diabaikan. Kematian remaja tentu bukan semata-mata hilangnya generasi muda di masa mendatang,  melainkan mencerminkan pengabaian luar biasa hak asasi bagi remaja.

Persoalan lain tentu masih bisa dibuatkan daftarnya, dan mungkin akan terus bertambah setiap saatnya, misalnya saja, absennya remaja dalam proses perencanaan pembangunan, tersingkirnya remaja dari mata rantai pengambilankebijakan publik yang terkait dengan mereka sendiri.

Remaja harus bergerak untuk merebut kepentingan yang telah digelapkan atau terus memperjuangkan pengakuan hak remaja yang selama secara jelas diabaikan secara terang-terangan oleh negera: seperti hak atas alat kontrasepsi dan hak layanan aborsi aman.

Remaja, mari bergerak,  untuk melakukan perubahan, mengkritik para elit penguasa yang bebal atau tak mau mengerti juga kepentingan dan remaja. Tak ada pilihan lain, remaja mesti melawan.

Dengan kaitkata , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: