Tangis Untuk Perempuanku

Betapa saya sangat menghormati dan menghargai perempuan.  Tak perlu alasan teologis apalagi kultural.  Semuanya berjalan bagaimana mestinya.  Sejak tahun 2005, ketika pertama lagi saya terlibat dalam program UPGK (Usaha Perbaikan Gizi Keluarga), saya sudah merasa mengabdi dan merawat persoalan perempuan.

Kini,  sungguh saya dirundung duka,  bahkan mungkin sampai tingkat nestapa. Bagaimana tidak,  perempuan yang selama ini saya sunggi tinggi-tinggi di atas ubun-ubun itu,  dipermainkan sebegitu rupa oleh partai politik.  Perempuan itu hanya diperlakukan sebagai perlengkapan administrasi agar partai politik bisa lolos menjadi peserta Pemilihan Umum.

Bayangkan,  seorang perempuan,  yang saya sungguh kenal baik,  tiba-tiba datang ke warung saya dan dengan tergopoh bercerita kalau dirinya menjadi calon legislatif di provinsi.  Kebanggan saya meluap-luap.  Tetapi ketika ia mengatakan dirinya hanya untuk memenuhi kuota perempuan kesedihan itu merambat-rambat,  dan perlahan-lahan,  saya merasa kesedihan itu bermetamorfosis menjadi ketidaksukaan. Saya terus menekan perasaan itu,  agar tidak berubah menjadi kebencian.

Maka,  ketika seorang perempuan lain menghubungi melalui telepon,  dan menceritakan dirinya terdaftar dalam Daftar Dan Sementara (DCS), saya serta merta mengatakan mari kita berkhianat terhadap partai yang telah dzolim terhadap perempuan.  Sungguh,  dengan sukarela saya menjadi terlibat dalam proses pengkhianatan ini.  Saya merancang strategi,  dan mulai bergerak sejak dini.

Saat ini,  muncul pertanyaan dengan suara tertahan,  apakah gerangan yang ada di pikiran para perempuan yang sudah memiliki posisi di partai politik,  mengenai perempuan lain yang dijadikan pecundang kuota? Bertanya begini,  terasa panas di pelupuk mata,  dan saya membiarkan bulir bening menetes.  Saya sedang menangisi perempuanku.

Dengan kaitkata , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: