Memberi Komentar dalam Blog, Maknanya?

Tidak hanya sekali saya bertamu ke berbagai rumah maya (blog) teman-teman dekat, atau blog yang kebetulan postingan tergolong menggelitik dan menarik untuk memberi komentar. Ingin saya mengatakan persetujuan atas tulisan itu, terkadang ingin untuk membantahnya dengan argumentasi yang mungkin lebih baik, atau sekadar untuk mengatakan apa pentingnya tulisan itu.

Saya memahami benar dalam dunia interaktif, sama maknanya antara mereka yang mengunggah tulisan dengan mereka yang memberi komentar. Karena inilah makna sesungguhnya dari teknokogi yang menopang interaksi antara pemilik gagasan awal dengan yang memberikan komentar. Tanpa mekanisme ini, maka gagal makna interaktif yang dimaksudkan, karena yang terjadi tetap dalam nalar monokomunikasi, satu sebagai pemberi dan satu sebagai penerima.

Bagi pengunggah, komentar bermakna adanya jejak orang yang membaca tulisan yang diunggahnya–meski aplikasi untuk melihat pengunjung banyak tersedia bahkan secara real time, tetapi catatan jejak dengan meninggalkan komentar jatuh lebih menyenangkan. Selain itu, komentar memiliki makna apakah tulisan yang diunggah cukup berarti bagi para pengunjung. Makna lainnya, berguna untuk meningkatkan kualitas unggahannya.

Bagi pemberi komentar, hal terpenting adalah melatih diri untuk membaca gagasan orang lain, melakukan analisis, menangkap makna yang terkandung di dalamnya, membuat simpulan-simpulan baru. Ini proses olah pikir, mempertajam kemampuan analisis, sekaligus berarti juga berlatih berargumentasi.

Saya juga ingin untuk berkomentar. Tetapi…, setelah menulis komentar itu, akan mengunggah, lalu diminta untuk log in, saya ikuti, dan setelah itu bingung…, apa lagi yang harus kulakukan, kita berbalik lagi komentar panjang itu pun hilang. Saya pun menangis….

Dengan kaitkata , , ,

2 thoughts on “Memberi Komentar dalam Blog, Maknanya?

  1. fenny wulandari mengatakan:

    knp sich aq koq g’ bisa internetan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: