Hidup adalah Wacana

Seorang teman pernah mengatakan, hidup hanyalah sebuah wacana. Saya memahami sepenuhnya apa yang dikatakannya, karena ia sendiri memang sedang berwacana. Kalau begitu apa sebenarnya hidup? Dan kenapa dalam hidup ini harus berwacana?

Dua pertanyaan yang saya kira sama-sama sulit untuk dijawab dengan pasti karena setiap orang menjalani hidup dan pernah berwacana. Tetapi saya memiliki satu hal yang pasti, setiap manusia yang hidup sebenarnya tidak pernah menghendaki sebuah kehidupan itu sendiri. Seseorang yang hidup berasal dari kenyataan bahwa ia sama sekali tak pernah memintanya.

Seseorang mulai menginginkan kehidupan yang dimilikinya itu saat ia mulai memiliki kesadaran mengenai kematian. Sebelumnya tak akan ada maknanya soal hidup. Kematian lantas menjadi wacana. Kematian menjadi diskusi yang berkepanjangan dan ia menjadi jauh lebih penting dari kehidupan itu sendiri.

Pada titik inilah, menurut saya hidup dikatakan sebagai sebuah wacana menemukan kesesuaiannya. Wacana yang memberikan daya bagi seseorang untuk bertahan hidup. Bukan kehidupan itu sendiri. Tetapi harap buru-buru dipastikan, apa yang disebut berbeda dengan cita-cita, bukan keinginan manusia tentang segala sesuatu di dalam hidupnya. Lalu apakah Anda saat ini merasa hidup karena wacana, mewacanakan kehidupan atau atau seperti teman saya, yang tetap kekeh untuk mengatakan hidup adalah wacana itu sendiri?

Dengan kaitkata , , ,

One thought on “Hidup adalah Wacana

  1. Inggrid Lumbantoruan mengatakan:

    hidup bukan lah wacana seperti diungkapkan olehnya. Hidup adalah anugerah,yang diberikan Tuhan kepadanya, memang tidak ada yang menginginkan seperti itu, tapi Tuhan tetap memberikan janji nya, bagi barang siapa yang percaya kepda-Nya, tidak akan binasa melainkan beroleh hidup yang kekal, bukan kekal di dunia tapi kekal di surga, kekal untuk selama-lamanya. amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: