Dengan Sang Relawan (Bagian 1)

Petang di Jakarta selalu saja tidak pernah menyenangkan. Apalagi berada di jalanan, mengejar waktu agar tak tertinggal jadwal penerbangan. Lelah pikir lebih mendominasi ketimbang lelah badan. Tetapi tidak untuk kali ini. Pasalnya, di sisi kanan saya duduk relawan PKBI DIY, laki-laki muda yang penuh semangat, bergairah dalam diskusi. Menyenangkan.

Tidak saja pertanyaan kritis yang berjibun berloncatan, tetapi juga berbagai gagasan mengenai kerja jaringan, kemandegan berpikir para aktivis senior, rekayasa sosial, dan respons teoritis terhadap persoalan aktual yang berkembang terakhir di negeri yang semakin integritas para elite penguasanya.

Sungguh saya geleng-geleng kepala, meski saya sudah mengenal lebih dari lima tahun lalu, tetap saja kekaguman terhadap dirinya tak berkurang, tetap utuh, sama seperti saat saya dan ia bergulat membangun gerakan, menempatkan PKBI DIY dalam peta gerakan perubahan sosial di Yogyakarta.

Ia begitu detail dan hari-hati dalam merespons Setiap isu yang berkembang. Sebut saja, misalnya, soal keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai tanggung jawab laki-laki terhadap anak yang dilahirkan di luar perkawinan. Pencarian pikiran dari berbagai aktivis terus dilakukannya, mereka yang di isu human right, gender dan hak anak.

Tetapi ia belum menemukan titik temunya, semua masih berputar-putar, apakah keputusan itu benar-benar menguntungkan anak dan perempuan atau bahkan akan merugikannya? Dan memberikan ruang kontrol bagi laki-laki terhadap anak dan perempuan?

Belum selesai diskusi itu, masih mengambang, dan belum ada simpulan sementara. Taksi yang saya tumpangi dengan relawan PKBI DIY, sampai di terminal F2 Bandara Internasional Diakrabi-Hatta. Perbincangan berhenti. Setelah membayar ongkos sesuai argo, saya dan ia masuk ke ruang check in.

Dengan kaitkata , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: