Ikuti Penghargaan HAM bagi Blogger

Ingin mendapatkan penghargaan sebagai blogger terbaik dalam mengkammpanyekan HAM? Inilah kesempatkan para kompasianer untuk unjuk gigi, kita semua peduli terhadap persoalan-persoalan hak asasi manusia, peduli dengan pendidikan kritis masyarakat mengenai HAM. Pasalanya, dalam keseharian, menurut IMDLN (Indonesia Media Defense Litigation Networ) sebagaimana dirilis dalam blog-nya, kmasih sering dijumpai pengabaian terhadap hak asasi manusia. Dan tak heran apabila kita masih dapat melihat atau mendengar serentetan berita di berbagai jenis media tentang pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia.

Selama ini, dalam penilaian IMDLN, isu seputar hak asasi manusia masih terbatas di kalangan tertentu, sperti aktivis HAM, Jurnalis, dan mahasiswa. Perdebatan juga masih berkutat pada isu-isu hak-hak sipil dan politik. Artinya, hak-hak yang terkait dengan ekonomi, sosial dan budaya, belum banyak disentuh orang, termasuk kita para blogger kale, ya?

Dalam blog IMDLN, juga disebutkan seringkali orang membicarakan kejadian-kejadian di sekitarnya seperti pelecehan seksual dan pemerkosaan di angkutan umum, sulitnya akses trotoar bagi pejalan kaki, namun mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang membicarakan tentang HAM. Membicarakan atau menuliskan HAM tidak selalu harus dengan model formal. “Dengan kompetisi IHRBA, diharapkan dapat menjaring tulisan-tulisan yang membicarakan isu-isu HAM sehari-hari dengan berbagai macam cara penyampaian,” tulis pelaksana kompetisi dalam blog resminya.

Siapa dewan jurinya, banyak sekali dan cukup kompeten, Ifdhal Kasim (ketua Komnas HAM), Donny Budi Utoyo (Direktur Eksekutif ICT Watch), Nezar Patria (Jurnalis, Mantan Ketua Umum AJI Indonesia), Indriaswati Diyah Saptaningrum (Direktur Eksekutif Elsam), Anggara (Advokat/Ketua Badan Pengurus ICJR), Yulianus ”Mami Yuli” (Penggiat LGBT), Wahyu Wagiman (Advokat/ Koordinator PIL-Net), M. Taufiqurrahman (Jurnalis), Wicaksono (blogger), dan Wahyudi Djafar (Sekretaris IMDLN).

Nah…, kompasianer punya kesempatan menggali dan menggali mengenai HAM terutama Hak EKOSOB, yang memang kerap kali kita temukan. Misalnya, perempuan dari keluarga miskin yang terpaksa melahirkan di koridor rumah sakita, karena tidak mampu membayar uang muka untuk persalinannya, penghilangan hak untuk mengekspresikan nilai-nilai budaya lokal dan sebagainya. Semua ini sesungguhnya sudah akrab di telinga kita, di mata kita. Karenanya tunggu apalagi, ikutkan blog pribadi Anda untuk mengikuti penghargaan blogger ini, yang mengambil tema sangat sederhana: “Hak Asasi Manusia Di Sekitarmu”.

Pendaftaran peserta akan dimulai pada tanggal 27 Pebruari 2012, jadi sekitar 13 hari lagi, ada waktu untuk memposting sepuluh tulisan sebelum mendaftarkan diri menjadi peserta. Sementara syarat lainnya, masyarakat Umum, individual, dan dapat menggunakan layanan blog apapun, Memasang Banner #IHRBA yang disediakan, Memasang tag #ihrba di setiap postingnya,Posting berisi tidak lebih dari 6500 karakter, Menggunakan bahasa Indonesia, Posting memliki keterkaitan erat dengan tema,Bukan blog organisasi, Tidak berasal dari hasil jiplakan, Materi yang diikutsertakan adalah berupa tulisan. Peserta boleh menambahkan gambar, suara, dan video pada posting tersebut, Setiap tulisan yang diikutsertakan wajib mengandung kata “hak asasi manusia” yang menaut ke situs pelaksana kompetisi, dan Setiap tulisan yang diikutsertakan wajib berada dalam lisensi karya cipta bersama CC BY-NC-SA 3.0

Dengan kaitkata , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: