Berita Kekerasan Remaja, Masih Kronologis

“Dalam penulisan berita mengenai persoalan kesehatan seksual dan reproduksi remaja media masih cenderung mengedepankan kronologi,” Kata Mukhotib MD saat memberikan Orientasi SRHR Remaja bagi Jurnalis di Papua, siang ini di Hotel Relat Indah, Argapura, Papua (11/2012).

Mukhotib MD, yang juga Team Leader Liberation Corner Institute (LCI), mengatakan salah satu sebabnya, para Jurnalis masih berada dalam paradigma naif, memandang akar persoalan yang terjadi ada dalam diri remaja. Mereka belum bisa mengembangkan reportase pada sisi sistem yang menjadikan remaja menghadapi masalah seksual dan reproduksi.
“Kalau remaja sekolah mengalami KTD, lihat juga pada pemenuhan hak mendapatkan pendidikan dan informasi kesehatan seksual dan reproduksi,” tuturnya.

Fadmi Sustiwi, wartawan Kedaulatan Rakyat Yogyakarta, yang juga memberikan materi, mengatakan untuk mengubah tulisan yang bisa memiliki perspektif memang bukan soal yang mudah. Melainkan membutuhkan waktu yang lama karena menyangkut perubahan paradigmatik. “Ini bukan proses satu atau dua hari,” katanya.

Orientasi berlangsung selama dua hari, 10-11 Pebruari 2012, dengan melibatkan Jurnalis dari media massa cetak dan elektronik, radio dan televisi. Kegiatan ini dilaksanakan PKBI Papua bersama AJI dan PWI Papua atas dukungan RutgersWPF Indonesia.


Dapatkan informasi tips dan trick menjadi faslitator di www.liberationcorner.com

Dengan kaitkata , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: