Aliansi SRHR di Papua

Persoalan Kesehatan Seksual dan Reproduksi, termasuk isu HIV dan AIDS, mulai diposisikan sebagai persoalan relasi kuasa dan memiliki keterkaitan dengan isu lain, seperti kekerasan berbasis gender dan orientasi seksual.

Paradigma ini menggantikan cara pandang lama yang menganggap kesehatan seksual dan reproduksi ditempatkan sebagai domain perilaku dan medis belaka.

Pergeseran paradigmatik ini, menuntut adanya berbagai perubahan dalam melakukan perencanaan program, posisi komunitas yang selama ini dianggap memiliki perilaku berisiko, dan perubahan strategi kerja.

Dalam konteks strategi kerja inilah muncul kebutuhan adanya aliansi dari berbagai lembaga yang selama ini mengembangkan program kesehatan seksual dan reproduksi remaja. Paradigma ini membutuhkan cara kerja bersama dengan berbagai pihak, saling berrtukar pengalaman dan pengetahuan, sehingga tidak terjadi pengualangan-pengulangan yang tidak seharusnya.

Berdasarkan pergeseran kerangka berpikir ini, PKBI Daerah PAPUA dengan dukungan RutgersWPF Indonesia, memfasilitasi proses pembentukan Alinasi Kesehatan Seksual dan Reproduksi, terutama berkaitan dengan kelompok remaja.

“Aliansi sudah terbentuk di empat kabupaten/kota,” kata Robby Tompunu, Program Manager PKBI Daerah Papua.

Menurut Robby Tompunu, pengembangan Aliansi mendapatkan respons yang sangat positif dari kalangan multistakeholder di Papua. Dukungan terhadap Aliansi ini datang dari Instansi pemerintah, lembaga adat, lembaga agama dan organisasi non pemerintah.  “Fungsi utamanya melakukan koordinasi program, sehingga gerakan bisa menjadi lebih komprehensif,” katanya.

Dengan kaitkata , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: