Demo di Pernas HIV dan AIDS

Kepemimpinan Ganda, menjadi salah satu isu penting yang disuarakan aliansi masyarakat sipil untuk penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia. Kementerian Kesehatan dan KPAN merupakan dua institusi negara yang tertuduh. Setidak-tidaknya, telah terjadi peran yang bertumpangan di antara kedua instansi ini.

Sebagian kalangan, menuntut kembalinya KPAN dalam peran utamanya sebagaimana dimandatkan dalam Keputusan Presiden tentang KPAN, sebagai institusi yang mengkoordinasikan instansi-instansi negara lainnya dalam menjalankan agenda penanggulangan HIV dan AIDS.

Luas diketahui, saat ini KPAN dianggap melanggar khittahnya, karena justru menjadi implementor program sampai pada tingkat komunitas. Pada titik inilah KPAN telah menunjukkan kekeliruan dalam memahami fungsinya.

Tetapi, mengembalikan peran ini bukanlah semata-mata bisa dilakukan oleh KPAN. Melainkan juga kedislipinan pihak lembaga dana yang tentu saja andil dalam proses kekeliruan KPAN selama ini, menjadi implentor program. Karenanya berharap perubahan dilakukan dari dalam tentu saja hampir mustahil terjadi. Siapa yang berkehendak membangun rumah tanpa pintu. sehingga ia tak bisa masuk ke dalam rumah yang dibangunnya sendiri?***

(sumber gambar: http://www.aidsjabar.org)

Dengan kaitkata , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: