Terkait Laporan hasil Audit BPK; Gemasika Surati Bupati

MUNGKID (KR) – Terkait laporan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan Kabupaten Magelang untuk tahun anggaran 2006 tertanggal 21 Mei 2007, Gerakan Masyarakat Untuk Transparansi Kebijakan (Gemasika) menyurati Bupati Magelang dan Ketua DPRD Kabupaten Magelang. Surat tertanggal 9 Februari itu, diberikan guna meminta klarifikasi atas laporan hasil audit BPK tersebut. Dijelaskan Koordinator Gemasika Iwan Hermawan didampingi Sekretaris Gemasika Ichsani kepada KR Selasa (12/2), berdasar laporan hasil audit BPK itu, bahwa Pemerintah Kabupaten Magelang dinilai wajar dengan pengecualian karena sebagian tidak patuh dan patut dalam melaksanakan dan melaporkan keuangan. Hal itu terjadi, karena terdapat sebagian laporan yang tidak memenuhi standar akuntansi pemerintah (SAP).

Bila dihitung secara keseluruhan pengguna anggaran baik dieksekutif maupun legislatif, hampir mencapai Rp 80 miliar anggaran yang diragukan kewajarannya dan belum memenuhi standar pelaporan,ujarnya. Iwan mencontohkan, dalam laporan pengguna anggaran untuk perjalanan dinas yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati sebesar Rp 353.195.600, mereka tidak dapat mempertanggungjawabkan. Pasalnya, dalam pelaporannya tidak disertai bukti yang memadai. Selain itu, dalam laporan tersebut terdapat dana sebesar Rp 4.339.354.000 yang tidak ada realisasinya. Ini mencerminkan, ketidakmampuan pemimpin daerah dalam mengelola anggaran dalam arti yang lebih luas, tegas Iwan.

Untuk itu, tambah Ichsani, pihaknya mengharapkan Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Magelang segera memberikan klarifikasi atas laporan hasil audit BPK tersebut. Mereka harus segera memberikan klarifikasi itu selambat-lambatnya 15 hari setelah diterimanya surat permohonan kami ini, atau sebelum Bupati menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2007 pada bulan Maret mendatang. Hal ini, sebagai bentuk pertanggungjawaban moral dan politik pejabat publik kepada masyarakat,imbuhnya. (R-8/Tha)-c

Sumber: Kedaulatan Rakyat

Dengan kaitkata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: