Soal belanja APBD di luar kewajaran

MUNGKID – DPRD dan Pemkab Magelang ditengarai telah membelanjakan keuangan daerah hingga di luar kewajaran. Total nilainya mencapai hampir Rp 80 miliar dan bersumber dari APBD 2006.”Hal itu terjadi karena sebagian laporan tidak memenuhi standar akutansi pemerintah,” kata Koordinator Gemasika (Gerakan Masyarakat untuk Transparansi Kebijakan), Iwan Hermawan, kemarin.

Ichsani, Sekretaris LSM itu mencontohkan, dalam laporan pengguna anggaran perjalanan dinas bupati dan wakil bupati sebesar Rp 353.195.600, tak dapat dipertanggungjawabkan. Karena laporannya tanpa disertai bukti yang memadai.

Dalam laporan tadi juga terdapat dana sebesar Rp 4.339.- 354.000 yang tidak ada realisasinya. “Hal itu mencerminkan ketidakmampuan pemimpin daerah dalam mengelola anggaran dalam arti luas,” katanya.

Terkait itu, Gemasika telah menyurati Ketua DPRD maupun bupati Magelang. Dalam surat tertanggal 9 Februari 2008, LSM itu minta agar pimpinan daerah tersebut memberikan klarifikasi atas temuan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) tertanggal 21 Mei 2007.

Klarifikasi paling lambat 15 hari setelah menerima surat itu, atau sebelum penyampaian LKPj (laporan pertanggung jawaban) Bupati atas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan tahun 2007. “Hal ini sebagai bentuk pertanggungjawaban moral dan politis bagi kedua pejabat publik bersangkutan kepada masyarakat,” kata Iwan Hermawan.

Gemasika akan menjadikan temuan ini sebagai alat bukti untuk ke arah proses hukum. “Untuk beberapa kasus lain, kami mengajukan permohonan pada BPK untuk mengadakan audit investigasi, sehingga ditemukan nominal kerugian negara dalam APBD 2006,” tegasnya.

Bantah
Sementara itu Susilo Spt, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Magelang mengklarifikasi, bahwa hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dimaksud sudah ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang ada. Misal, tentang BPOP (belanja penunjang operasional pimpinan) DPRD dan dana tunjangan komunikasi intensif. TB-skh

Sumber: Harian Sore Wawasan

Dengan kaitkata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: