Penggunaan dana di luar kewajaran

SAWITAN – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Drs Soeharno MM mengemukakan, semua temuan BPK terkait penggunaan keuangan daerah hingga di luar kewajaran untuk tahun anggaran 2006, sudah ditindaklanjuti.”Saat ini BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) juga tengah melakukan pemeriksaan keuangan daerah mengenai penggunaan keuangan yang bersumber dari APBD 2007,” katanya, Kamis (14/2) kemarin.

Sebelumnya, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Magelang, Susilo Spt menyampaikan hal senada. Hasil audit BPK terkait pemanfaatan anggaran yang berasal dari APBD 2006 telah ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang ada.

Antara lain menyangkut BPOP (belanja penunjang operasional pimpinan) DPRD dan dana tunjangan komunikasi intensif bagi pimpinan dan seluruh anggota legislatif.

Seperti diberitakan, DPRD dan Pemkab Magelang ditengarai telah membelanjakan keuangan daerah hingga di luar kewajaran. Total nilainya mencapai hampir Rp 80 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari APBD 2006.

“Hal itu terjadi, karena terdapat sebagian laporan yang tidak memenuhi standar akutansi pemerintah,” kata Iwan Hermawan, Koordinator LSM Gemasika (Gerakan Masyarakat untuk Transparansi Kebijakan) dan Ichsani (sekretaris).

Misalnya anggaran perjalanan dinas bupati dan wakil bupati Rp 353.195.600, tak dapat dipertanggungjawabkan karena laporannya tanpa disertai bukti. Dalam laporan BPK itu pula terdapat dana Rp 4.339.354.000 yang tidak ada realisasinya.

Dalam suratnya tertanggal 9 Februari 2008, Gemasika minta Ketua DPRD dan bupati Magelang memberi klarifikasi atas temuan BPK tertanggal 21 Mei 2007 tersebut, paling lambat 15 hari setelah menerima surat itu. TB-skh

Sumber: Harian Sore Wawasan

Dengan kaitkata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: