Lomba Penulisan Essay-FPPM

Lomba Penulisan Essay Pengalaman Bekerja Bersama Masyarakat
(Upaya Penanggulangan Kemiskinan
dalam rangka Program Millenium Development Goals)

Latar Belakang

Kemiskinan menjadi wacana yang ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Tidak hanya Indonesia, tetapi penanggulangan  kemiskinan sudah menjadi tanggung jawab semua bangsa di dunia.  Pada tahun 2000, pemimpin dunia dari 189 negara berkomitmen untuk mendukung Millenium Development Goals (MDGs) atau Tujuan Pembangunan Millenium dengan mengurangi angka kemiskinan hingga separuhnya pada tahun 2015.

Bagi negara berkembang seperti Indonesia, program penanggulangan kemiskinan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Semua elemen-elemen yang ada dalam masyarakat harus bergerak secara bersama-sama untuk bangkit dan bergerak serta berkomitmen untuk mengurangi angka kemiskinan. Partisipasi menjadi penting untuk melibatkan masyarakat dalam setiap proses pembangunan. Masyarakat yang dimaksud tidak hanya masyarakat yang berdaya tetapi juga masyarakat yang kurang berdaya dan masih berada dalam garis kemiskinan. Masyarakat memiliki kemampuan dan mekanisme sendiri untuk mengatasi kemiskinan.

Upaya penyadaran dan penggalian potensi yang dimiliki masyarakat adalah hal yang harus dilakukan menyadarkan mereka bahwa kemiskinan bukanlah takdir. Pemberdayaan masyarakat harus dilakukan untuk membangkitkan masyarakat melawan kemiskinan.

Kehadiran seorang fasilitator sebagai agen perubahan dari masyarakat yang kurang kritis menjadi kritis, dari masyarakat yang kurang berdaya menjadi berdaya sangat penting. Mereka adalah ujung tombak pemberdayaan dan merupakan mitra kerja masyarakat untuk mengatasi kemiskinan. Fasilitator mendorong masyarakat untuk bekerja sama, menerapkan nilai-nilai partisipasi dan kesetaraan serta memandirikan masyarakat dan tidak tergantung sepenuhnya kepada fasilitator.

Dalam melakukan tugas tersebut, berbagai tantangan dan hambatan dialami oleh fasilitator. Tantangan tersebut berasal dari dari dalam diri fasilitator, masyarakat maupun lingkungannya. Sebagai fasilitator yang handal tentu saja hambatan dan tantangan tersebut bukan masalah. Keberpihakan terhadap rakyat kecil menjadi motivasi utama dalam melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat agar masyarakat dapat bangkit melawan kemiskinan. Berbagai pengamalan ketika bekerja dengan masyarakat menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi seorang fasilitator ketika fasilitator bersama-sama dengan masyarakat dampingannya bangkit melawan  kemiskinan.

Berangkat dari hal di atas, maka Program Pengembangan Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat (PFPM) memberikan kesempatan bagi fasilitator pemberdayaan masyarakat seluruh Indonesia untuk menuliskan/menuturkan pengalamannya Bekerja Bersama Masyarakat melalui Lomba Penulisan Pengalaman Bekerja Bersama Masyarakat (PBBM).

 Persyaratan Umum

  1. Tulisan yang akan dipilih adalah tulisan yang menceritakan pengalaman pemberdayaan masyarakat yang berbasis masyarakat dan pengentasan kemiskinan baik di bidang kesehatan, pendidikan, pertanian, ekonomi mikro, air dan sanitasi, infrastruktur maupun managemen sumberdaya alam.
  2. Tulisan didasarkan pada pengalaman nyata dan merupakan pengalaman pribadi  sebagai fasilitator bukan pengalaman orang lain.
  1. Tulisan ditulis dalam bahasa Indonesia dan belum pernah dipublikasikan lewat media.
  2.  Diketik dalam program MS Word , huruf dalam bentuk Times New Roman 12 pt, spasi 1.5, kertas A4, dengan batas kiri, kanan dan atas bawah 2.5 cm.
  3.  Panjang tulisan tidak lebih dari 10 – 30 halaman.
  4.  Pengiriman tulisan disertakan dengan surat pernyataan bahwa karya yang dihasilkan adalah benar-benar merupakan karya dan pengalaman sendiri bukan milik orang lain.
  5. Tulisan diserahkan dalam bentuk hard copy dan soft copy (bisa diemail atau dikirim dalam bentuk CD) dan dikirimkan ke :

Sekretariat PFPM
Jl. Cilandak Tengah II No. 3A, Cilandak
Jakarta Selatan
Telp. 021 7695466, 70955734
Email: info@fasilitator-masyarakat.org

 

Peserta Lomba

  1. Kegiatan ini dapat diikuti oleh fasilitator pemberdayaan masyarakat di seluruh Indonesia dan masih aktif melakukan pendampingan hingga saat ini.
  2.  Peserta dan lembaga pengutus diwajibkan melakukan registrasi ke database PFPM (klik www.fasilitator-masyarakat.org) atau  mengirimkan CV yang akan dimasukkan ke dalam database PFPM.

Mekanisme Lomba

  1. Peserta mengirimkan tulisannya ke Sekretariat PFPM di Jakarta paling lambat pada tanggal 12 November 2007 cap pos.
  2.  Tulisan yang sudah diterima akan dilakukan seleksi administrasi pada tanggal 13 -16 November 2007.
  1. Pengumuman Seleksi Tahap I (Seleksi Administrasi) lewat website www.fasilitator-masyarakat.org pada tanggal 19 November 2007.
  1. Peserta yang lolos Seleksi Tahap I akan masuk ke Tahap II (Penilaian oleh juri) untuk menentukan 5 yang terbaik versi juri dan akan diumumkan pada tanggal 21 November 2007. Kelima peserta terbaik akan diundang untuk presentase di hadapan juri untuk menentukan pemenang versi juri.
  1. Tulisan 5 (LIMA) peserta terbaik versi juri akan dimuat dalam website PFPM untuk mendapat penilaian dari pengunjung (fasilitator) lewat website PFPM. Pengunjung website diminta untuk memilih tulisan yang paling menarik dan berkesan. Proses penilaian akan berlangsung dari tanggal 21  November – 5 Desember 2007.

Peserta yang mendapat dukungan paling banyak dari fasilitator pemberdayaan seluruh Indonesia merupakan pemenang favorit Lomba Penulisan Pengalaman Bekerja Bersama Masyarakat Tahun 2007. Pengumunan Pemenang akan dilakukan pada tanggal 7 Desember 2007 lewat website

Dengan kaitkata , , , , ,

8 thoughts on “Lomba Penulisan Essay-FPPM

  1. blek blog mengatakan:

    umum boleh ikut gak bang?

    nice info

  2. Robiatul Adawiyah mengatakan:

    Terima kasih atas informasinya.
    Saya sangat tertarik dengan kegiatan ini.
    semoga ini dapat memotivasi kawan-kawan yang bergerak di bidang sosial.

  3. Anton Muhajir mengatakan:

    Mmm, hadiahnya apa ya? Kok ga disebut. :p

  4. JT mengatakan:

    Info hadiah ada di website http://www.fasilitator-masyarakat.org

    Terima kasih

  5. Bonnie Regie Kinasih mengatakan:

    Sebenarnya saya tertarik, tapi saat ini lembaga kami sedang persiapan melaksanakan Musyawarah Komunitas (MUSKOM) yang ke III, jadi ya rada sibuk, padahal lembaga kami juga terjun di bidang pemberdayaan masyarakat khususnya kaum perempuan. Bagaimana kalau tanggal batas akhir pengumpulan nafkahnya diundur, sehingga masih ada kesempatan untuk berpartisipasi dalam lomba tersebut. Ok. TQ.

  6. Zulaikhah mengatakan:

    dulu pernah menjadi fasilitator di bidang kesehatan masyarakat. Tapi sekarang dah nggak. Boleh ikut gak ya?
    Tks

  7. JT mengatakan:

    Berita Gembira…!!!

    Batas pengumpulan tulisan diperpanjang hingga 7 Desember 2007……!!!

    Buruan ikutan dan ajaklah semua pelaku pemberdayaan masyarakat.!!!!

  8. suryani hajar mengatakan:

    saya sudah ikutan neh di makassar..
    seruuuuuuuuuuuuu
    rugi kalo ngga ikut…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: